Dit Binmas Polda Gorontalo Terus Melakukan Pembinaan Terhadap Satpam

Tribratanews.polri.go.id – Polda Gorontalo, Kinerja Satuan Pengamanan (Satpam) Pegadaian Kota Gorontalo terus ditingkatkan. Hal itu dilakukan antara lain dengan pengarahan dan pembinaan kepada seluruh anggota satpam, seperti yang dilakukan di Pegadaian Kota Gorontalo hari ini , minggu, 12 Agustus 2018, Pukul.08.00 Wita s/d Selesai. 

Pembinaan disampaikan langsung oleh Kasubdit Satpam/Polsus AKBP IYAM NUSURI didampingi Kepala Cabang Pegadaian Kota Gorontalo yang di wakili Bpk. Ekha Setianto Ibrahim, S.Kom bagian Korlap Area Gorontalo.

“Terdapat dua hal yang menjadi fokus pembinaan. Yakni bagaimana bersikap dan berperilaku sebagai satpam serta bagaimana mengedepankan disiplin pegawai,” ujarnya.

Satuan Pengamanan yang dibentuk oleh instansi harus bisa melaksanakan pengamanan fisik dalam rangka menyelenggarakan keamanan swakarsa di lingkungan kerjanya.

Untuk itu setiap anggota harus mengetahui tugas pokok dan fungsinya di Pegadaian selaku satpam agar menyelenggarakan keamanan dan ketertiban di lingkungan kerja khususnya pengamanan fisik serta melindungi dan mengamankan lingkungan kerjanya dari setiap gangguan keamanan dan ketertiban serta pelanggaran hukum.

Di samping turut membantu pihak kepolisian di bidang penegakan hukum, dalam melaksanakan tugasnya satpam memiliki peranan langsung di bidang keamanan dan ketertiban di lingkungan kerja. Hal itu dapat dilakukan apabila para anggota menjaga dan menjunjung tinggi kode etik yang diterapkan. Yaitu, kesetiaan, memberikan teladan yang baik, keselamatan dan keamanan, kejujuran, disiplin, keadilan tanpa prasangka.

Kasubdit Satpam/Polsus AKBP IYAM NUSURI juga menegaskan bahwa satpam juga harus bisa melakukan pengawasan dan pengaturan. Antara lain pengawasan ke luar masuk Konsumen dan  karyawan, pada saat jam kerja berlangsung, pengawasan terhadap disiplin kerja dan perilaku  saat melakukan patroli di area Pegadaian Kota Gorontalo selama jam kerja berlangsung, pengaturan dan penerimaan tamu pegadaian parkir kendaraan, ke luar masuk kendaraan dan tamu.

Tolak ukur kinerja satuan pengamanan dilandaskan oleh attitude (perilaku), knowledge(pengetahuan), dan skill (keterampilan). Dengan “turjawali” atau disingkat pengaturan, penjagaan, pengawalan, dan patroli diharapkan kinerja satuan pengamanan menjadi perilaku yang berulang, berubah menjadi kebiasaan. Kemudian kebiasaan yang ditetapkan sebagai nilai menjadi pola, dan pola yang melekat akhirnya menjadi budaya kerja,”

Penulis         : Yanto (PID Dit Binmas)

Editor           : Mulyono

Publish         : Firdha

Sri Firda Ulfiah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X