SUPERVISI POS KAMLING DI WILAYAH GORUT, DITBINMAS POLDA GORONTALO AJAK MASYARAKAT PEDULI KAMTIBMAS

Tribratanews.polri.go.id – Polda Gorontalo, Senin 7 Mei 2018, Tim Supervisi untuk Penilaian Lomba Pos Kamling dari Direktorat Binmas Polda Gorontalo melaksanakan Supervisi di 3 Pos Kamling Kawasan Desa Aman Gangguan Kamtibmas di Wilayah Kabupaten Gorontalo Utara, Kegiatan dimulai dari Pos Kamling Desa Ombulodata Kecamatan Kwandang, Tim supervisi disambut Kapolsek Kwandang beserta jajarannya, Anggota Supervisi mulai mengecek Kelengkapan Pos seperti Pentungan, Tongkat, Daftar Jaga, Buku Mutasi, Senter, Kotak P3K, dll. Keseluruhan hasil penilaian sudah baik dan bersih hanya saja masih banyak kelengkapan penunjang Pos Kamling yang tidak tersedia.


Tim Supervisi kemudian bergerak ke wilayah Kecamatan Monano, tepatnya di Pos Kamling Desa Dunu, Anggota Tim memberikan apresiasi kepada aparat Desa Dunu yang antusias mendukung program Kawasan Desa Aman, dengan kelengkapan Pos yang sudah memadai dan menunjang pelaksanaan Sistim Keamanan di Desa.

Usai menilai Pos Kamling di Desa Dunu, Tim Suoervisi melanjutkan perjalanan ke Pos Kamling Desa Gentuma Kecamatan Gentuma Raya, Pos tersebut jadi Pos terakhir yang disupervisi. Dari struktur bangunan permanen sudah baik, namun terdapat kekurangan dari segi kelengkapan Pos yang masih sangat minim.


Ketua Tim Penilai AKBP Mosyan Nimitch, S.IK, SH menyampaikan Aspek penilaian Pos Kamling mengacu pada Perkap No 23 tahun 2007 tentang Sistim Keamanan Lingkungan, jadi anggota tim dibagi menjadi 3 regu yang bertugas menilai 3 aspek yang ada di Pos Kamling yakni Bentuk/ Kondisi Bangunan, Kelengkapan/ Sarana Prasarana dalam Pos Kamling, serta Pelaksanaan Siskamling oleh Awak Pos Kamling, Ketua Tim yang sehari-hari menjabat Wadir Binmas menyampaikan tujuan dilaksanakan Supervisi merupakan rangkaian kegiatan memeriahkan HUT Bhayangkara ke-72.

Pelaksanaan Supervisi dan Penilaian Pos Kamling tingkat Polda Gorontalo akan berlangsung di 6 Kabupaten/Kota di wilayah Provinsi Gorontalo, jadi setiap wilayah menyiapkan 3 Pos Kamling untuk dinilai sehingga total jadi 18 Pos Kamling yang akan di lombakan, dan hanya akan ada 3 Pos Kamling terbaik dengan nilai tertinggi akan mendapat penghargaan dari Kapolda Gorontalo yang akan diumumkan saat perayaan upacara HUT Bhayangkara tanggal 1 Juli nanti.

Penulis         : Iswan (PID Dit Binmas)

Editor           : Mulyono

Publish         : Iswan (PID Dit Binmas)

Sri Firda Ulfiah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X