Uji Psikologi, Karo SDM Polda Gorontalo Berikan Motivasi Pada Peserta Yang Gugur

Tribratanews.polri.go.id – Polda Gorontalo, Rabu 18/04/2018 pukul. 17.00 Wita, bertempat di Auditorium Universitas Negeri Gorontalo (UNG), peserta penerimaan Polri Polda Gorontalo menunggu pengumuman hasil uji psikologi dari Biro SDM Polda Gorontalo.

Sebelum diumumkan oleh panitia, hasil uji psikologi di scan untuk dimasukan kunci jawaban yang diberikan oleh panitia pusat psikologi dan hal ini di awasi ketat oleh pengawas eksternal Auditor TI, Himpsi Gorontalo, dan Panitia Penerimaan T. A 2018 dan pengawas internal yang di awasi langsung oleh Karo SDM Polda Gorontalo Kombes Pol.  Defrian Donimando,. SIK,. MH, Ketua tim Uji Psikologi Dir Narkoba Polda Gorontalo Kombes Pol Totok  Tri wibowo,  SIK,. MH, Koordinator seleksi psikologi Kabag Psikologi Kompol Winarko,  S. Psi,. M. Psi. Psikolog.

Hal ini tujuannya untuk memberikan kepastian kepada paserta casis uji psikologi bahwa ini dilakukan benar – benar bersih, transparan, akuntabel dan humanis sehingga apa yang diharapkan oleh peserta dapat dirasakan hasilnya sesuai dengan kualitas dan kemampuan masing – masing peserta.

Karo SDM Polda Gorontalo Kombes Pol. Defrian Donimando, SIK. MH  merasa bangga terhadap para peserta seleksi uji psikologi yang berjuang dengan semangat hingga membuahkan hasil yang baik sesuai kemampuan dan kualitas yang dimiliki yang meskipun ada juga yang gagal akan tetapi itu bukanlah suatu hal yang dapat mematahkan tujuan peserta menjadi anggota Polri tetapi memotifasi para peserta kedepan akan lebih baik karena Polri telah memberikan peluang secara transparan,  akuntabel dan humanis tanpa ada permainan dan itu di akui oleh para peserta setelah mendengarkan hasil pengumuman uji psikologi.

Sementara itu Ketua Tim Psikologi Dir Narkoba Polda Gorontalo Kombes Pol Totok Tri wibowo,  SIK,. MH, mengakui semangat juang dari adik – adik peserta uji psikologi yang telah berjuang sesuai kemampuan dan kualitas mereka sendiri,  dan yang menjadi bukti semangat yang diberikan kepercayaan mereka terhadap Polri yang melaksanakan penerimaan Anggota Polri secara bersih,  transparan, akuntabel dan humanis sehingga kedepan pasti akan banyak lagi yang berminat mendaftar untuk menjadi anggota Polri.

Dengan adanya hasil uji psikologi yang telah diumumkan yang dinyatakan memenuhi syarat sebanyak 495 peserta dari Ba PTU, Bakomsus sebanyak 30 dan yang tidak mengikuti tes uji psikologi sebanyak 11 orang, sedangkan yang tidak memenuhi syarat sebanyak 368 orang.

Kegagalan dari peserta yang tidak memenuhi syarat diakui karena ketidak siapan mereka dalam menghadapi tes uji psikologi sehingga mereka tidak mampu untuk mendapatkan hasil yang baik secara maksimal.

Kabid Humas Polda Gorontalo AKBP Wahyu Tri Cahyono, SIK menambahkan bahwa uji psikologi merupakan suatu keharusan bagi setiap yang akan melaksanakan tes anggota Polri, tak terkecuali baik itu dari sipil maupun bagi anggota Polri yang akan memperbaiki kariernya berupa naik pangkat maupun hal – hal yang sifatnya ada hubungannya dengan pelaksanaan tugas – tugas Kepolisian, karena uji psikologi merupakan syarat utama untuk menjadi anggota Polri.

“Disamping itu pula uji psikologi merupakan salah satu bidang ilmu pengetahuan dan ilmu terapan tentang perilaku, fungsi mental, dan proses mental manusia secara ilmiah yang dapat mengukur kemampuan pribadi bagi setiap yang akan masuk menjadi anggota Polri,”tambah Kabid Humas.

Penulis         : Halim

Editor           : Mulyono

Publish         : Fandi

Author: Fandi Umar
Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X